(Credit: ShutterStock)

Buat Blog 10 Menit, Dapat Score 100% GTMetrix

Panduan install blog dari awal (10 menit). Pakai theme Webium. Dapat score 100% GTMetrix.

Panduan ini menjelaskan cara membuat blog dari awal. Hanya 10 menit. Kamu dapat install theme Webium keren, dapat score 100% dari GTMetrix, dan siap-pakai. Kamu bisa ngeblog dari Android.

Kamu bisa pakai panduan ini untuk siapa saja yang ingin menulis, siapapun yang membutuhkan.

Dari “Web Log” Menjadi “We Blog”

Kata “blog” muncul di akhir 1990-an. Singkatan dari “web log”, berarti “catatan kronologis dalam web”. Dari “web log”, terselip-lidah menjadi “we blog”. Maka “blog” menjadi kata-kerja (verb). Sampai sekarang, kata “blog” diserap dalam percakapan sehari-hari, bukan lagi “log”.

Pengertian blog menjadi “website dengan update reguler, biasanya dijalankan 1 orang atau 1 kelompok, yang ditulis dalam gaya informal atau mirip percakapan.”. Content berbentuk “blog” itu bukan soal di-hosting di mana, tetapi soal bagaimana gaya tulisannya. Update berita harian yang terus-menerus, secara teknis merupakan “blog” karena mencatat secara kronologis, singkat, dan dituliskan seperti orang bertutur. Kalau kamu belajar struktur microdata dari Schema, akan ada pembedaan antara “blog” dan “news”. Google membedakan antara bentuk blog dan news. Jangan heran, kalau ternyata banyak situs yang mengaku “berita terbaru”, secara teknis dan pengertian, sebenarnya blog. Plugin SEO seperti Yoast, sudah mengenal pembedaan antara Web (ini bentuknya “blog”), News, Local News, Video, dan WooCommernce.

Dunia belum serumit sekarang. Berita bagusnya, serumit apapun, ada taksonomi, sistem klasifikasi terstruktur, sehingga apa saja bisa teridentifikasi bentuknya.

Blogger dulu milik Pyra Labs, resmi launching pada 23 Agustus 1999, kemudian Google membeli Blogger pada Februari 2003. Harga pembelian ini dirahasiakan. Singkat cerita, Google menjadikan layanan ini, gratis untuk publik, dan siapa saja bisa menulis, mencatat, dan bisa dibaca siapapun. Jauh berbeda dari layanan GeoCities dari Yahoo, di mana orang hanya bisa buat web statis.

Revolusi ini terjadi karena internet yang mulai bergeser dari web statis (seperti layanan buat web gratis dari GeoCities Yahoo!) menjadi web dinamis.

Dulu sekali, Bill Gates pernah bermimpi, semua orang memiliki PC (personal computer) di setiap rumah. Teknologi typography Apple, waktu itu menguasai dunia publishing. Saya masih mengalami layout untuk majalah mahasiswa, sambil membayangkan, akan seperti apa rasanya memakai Apple. Motivasi saya, “get right things done”. Hal-hal bagus bisa selesai saya kerjakan. Bukan untuk pamer kepada orang bahwa saya punya Apple.

Bill Gate meluncurkan operating system mahal bernama Windows (dan selalu dibajak), dan gencar mengajak orang melirik Desktop Publishing, penerbitan dari komputer rumahan. Pada tahun 1990-an akhir sampai pertengahan 2003, kita sering melihat 1 unit PC Windows dengan printer di sampingnya.

Bisnis “menulis lalu cetak”, terutama sekali kampus dan perkantoran, mendominasi apa yang disebut kemajuan teknologi.

Apakah kemudian masyarakat perkotaan menjadi agen penerbitan? Tidak. Yang tinggi, justru konsumsi kertas, pembajakan tinta, makalah yang menumpuk setelah dikoreksi dosen, laporan perkantoran, dan tingginya ketergantungan terhadap komputer-duduk.

Tugas, membuat orang berhadapan dengan deadline terus-menerus. “Besok dikumpulkan”. “Bulan depan harus terbit”. “Saya harus selesaikan pekerjaan kantor ini”. Dengan komputer. Ini masa-masa di mana komputer menjadi “peralatan” untuk mempermudah pekerjaan, sekaligus masa di mana komputer belum bisa melakukan banyak hal. Abad semi-manual.

Teori Karl Marx masih berlaku, “Mesin besar menciptakan kepatuhan besar.”. Siapa yang punya mesin besar (komputer bagus), merekalah yang menang.

Betapa panjang, proses dari membaca bahan, menulis, kemudian dibaca orang, dan dibuang. Mengapa harus ada komputer demi membaca teks tercetak di printer?

Blogger mengatasi ini dengan membuka layanan gratis menulis.

Saya tertarik bernostalgia ngeblog lagi dan mengajak kawan-kawan yang tidak berorientasi “dapat duit dari ngeblog” untuk menulis bersama saya.

Saya akan tunjukkan di sini, bagaimana cara membuat blog dari awal, dengan tampilan mirip Medium, dan siap kamu pakai untuk menulis. Kamu bisa menulis dari Android. Dan speed web ini di GTMetrix dapat score 100%.

Membuat Blog dalam 10 Menit

Hanya 10 menit, kalau kamu jalankan tutorial ini. Hanya sekali. Selanjutnya, kamu tinggal menulis, posting, tanpa perlu ribet utak-atik. Tujuan kita, menulis. Bukan optimasi.

Apa yang akan kamu jalankan di tutorial ini? Kita akan buat blog, ganti theme lama dengan Webium (dengan tampilan mirip web Medium), kemudian menulis dengan aplikasi Blogger dari PlayStore. Coba saja. Hanya butuh waktu 10 menit.

Siapkan Dummy Content dengan Spot Dummy

Siapkan Dummy lebih dulu.

Kebanyakan orang, suka melihat demo desain blog, tetapi gagal terjadi sesuai keinginan karena blog mereka belum ada isinya apa-apa.

Buat dummy content dengan Spot Dummy.

Buka link itu, kemudian pilih “Launch Spot Dummy”.

SPOT DUMMY. Buat dummy content, sekitar 40 postingan. Agar hasil desain kamu langsung terlihat seperti apa.

Klik Add new post kalau perlu tambahan jumlah postingan.

Generate Now

Klik kanan > Copy

Close

Save dengan nama “dummy.xml” dan simpan di folder kamu. Folder paling kacau di dunia dan berantakan adalah Desktop.

Simpan dengan nama “dummy.xml”.

Import Dummy.xml ke Blog

Simpan dengan nama “dummy.xml”.

Target kita, dummy.xml ini akan kita import semua ke blog yang baru kita buat ini.

Download Theme Blog

Saya memakai theme Webium, tampilan mirip Medium.

Download Theme Blog Webium
https://github.com/elhakimyasya/Webium-Blogger-Template/blob/main/webium_theme.xml

Demo Theme
https://webium-blogger.blogspot.com/ 

Ini meniru tampilan yang ada di web Medium.

Mendaftar dan Membuat Blog

Mulai Buat Blog

BLOGGER. Masuk ke Blogger.com dengan GMail kemudian klik icon Blogger dan pilih “Blog Baru”.

Sebelah kiri atas, setelah login, ada icon Blogger. Klik saja, kemudian pilih “Blog Baru..”.

Pilih Nama Blog yang unik.

Pilih Nama Blog yang unik. Misalnya, saya beri nama “Red Farming”.

Saya suka nama ini karena memakai semua huruf berbeda, mudah diingat, kemungkinan salah-ketik sangat kecil, dan unik. Tenang, nanti bisa diganti.

Pilih URL Blog.

Sebisa mungkin pilih yang singkat, tidak mungkin salah-ketik, dan hindari tanda-hubung.

Impor Konten

Setelan impor content.

Nanti akan ada permintaan captcha, pilih file yang mau di-impor, dan klik “Impor”.

Urutan melakukan impor konten.

Ganti Theme Bawaan Blogger dengan Webium

Edit HTML

Buka file “dummy.xml” dengan Notepad.

Copy semua isi dari “dummy.xml” yang di Notepad ke Blogger.

Save template baru yang sudah kamu ganti.

Ingat, yang di-copy isinya, bukan file-nya. Jadi, buka, Copy, kemudian Paste, dan Save.

Setiap kamu melakukan optimasi, atau mau ubah code di dalam template itu, jangan lupa buat backup (cadangan).

“Apa yang terjadi kalau blog saya error?”

Tenang. Ini bisa kita atasi. Yang error hanya template, bukan apa yang kamu tulis. Kamu masih simpan file template. Tinggal timpa template error dengan template asli Webium.

Edit HTML > copy-paste isi file “dummy.xml” dari Notepad ke Blogger > kemudian klik Save.


Sekarang, kamu sudah bisa menulis blog dari mana saja. Kamu tinggal menulis. Kalau mau ubah logo, warna, dll. terserah. Saya tidak mau ribet dengan custom yang berlebihan. Langsung menulis, lebih menyenangkan.

Score 100% dari GTMetrix

Nostalgia menjadi blogger. Dapat template “Webium” kemudian saya optimasi dan dapat score gtMetrix 100%.

Ngeblog dari Android

Aplikasi Blogger di PlayStore
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.google.android.apps.blogger

Dengan aplikasi ini, asalkan konek internet, kamu bisa ngeblog dari mana saja.

BLOGGER FOR ANDROID. Download dari Playstore. Kamu bisa ngeblog dari Android.

Kamu bisa punya 10 blog untuk kepentingan berbeda-beda. Terserah. [dm]