in

Menciptakan Nilai

Bahaya datang ketika kemampuan menulis berhenti menjadi kesenangan menulis.

Seperti mencapai jalan buntu ketika bekerja?

Mungkin kamu sedang menuju “rasa aman”, akhirnya antara “tanggung jawab” dan “pilihan” kamu bertukar tempat.

Aman yang sejati, datang ketika kamu berhasil menciptakan nilai. Ciptakan sesuatu yang memiliki makna, tujuan, arti, dan membuat hidup menjadi lebih baik.

Saya memperhatikan kawan-kawan yang menulis berita. Mereka menuliskan peristiwa, komentar narasumber terkenal, mengawal issue, sesuatu yang sepertinya tidak ada habisnya.

Dari kemampuan menulis, menjadi kesenangan menulis. Sampai menjadi semacam kerajinan. Mereka bisa mengolah 3 kalimat pernyataan narasumber, menjadi 1 berita. Kejenuhan terjadi.

Ciptakan nilai, maka kejenuhan dan keinginan mencapai rasa aman, akan menemukan arah berbeda.

Saya memilih menuliskan opini. Bukan berita, bukan asumsi. Ada seni di antara keduanya, yang lebih lentur dibandingkan berita yang harus faktual dan obyektif. Ketika ada waktu luang, saya menjadi pembaca berita yang berada di posisi berbeda, dibandingkan dengan ribuan pembaca lain. Ketika ada satu masalah, saya menjadikannya pintu, dengan berpikir divergent, agar masalah itu menjadi lebih banyak solusi. Itulah nilai yang saya bangun ketika menulis opini.

Contohnya begini. Sebagian kawan-kawan wartawan bertanya, “Bagaimana mencari sudut-pandang berita yang berbeda?”. Ini pertanyaan menarik. Fakta sama, sudut pandang berbeda. Kemudian saya membaca berita, sangat banyak, hanya untuk 1 issue. Tepatnya, 1 longtail keyword kalau dalam dunia SEO.

Kemudian saya ulas struktur berita mereka. Sampai nanti saya menemukan beberapa hal: struktur berita, daftar pertanyaan untuk mempertegas angle berita, daftar judul yang “work”, dst.

Itulah nilai yang ingin saya ciptakan. Setiap kali membaca berita, saya tidak terjebak pada informasi, tetapi pada “bagaimana” menulis berita.

Tentu saja tidak ada selesainya. Ada banyak varian dan jenis berita, sehingga ini seperti mencari keunikan. Ini bisa terjadi karena saya sangat menyukai berita, media, dan teknik penulisan.

Menganalisis berita, hanyalah bagian dari nilai yang ingin saya ciptakan, yaitu, membuat banyak sekali “panduan” bagi wartawan untuk menuliskan berita.

Bagi saya, itu pekerjaan menyenangkan yang bisa membuat perubahan bagi media. Dalam bisnis, “value proposition” menentukan jalannya bisnis.

Ada buku khusus yang membicarakan bagaimana memperjelas “value proposition” dari Strategyzer yang menjelaskan tentang ini.

Temukan nilai kamu. Selain bisa membuatmu tidak bosan dengan pekerjaanmu, akan membuka wawasan tentang bagaimana menjual “nilai” yang kamu suka dalam hidupmu.

Kamu sangat menyukai pekerjaanmu kalau kamu percaya ada nilai yang kamu ciptakan di pekerjaan kamu. Tidak lagi menukar waktu kamu demi uang. [dm]

Written by Day Milovich

Webmaster, artworker, penulis tinggal di Rembang dan Kota Lama Semarang.

Menantang Status Quo

Formula Presentasi