in

Menulis Catatan Harian (15 Menit Sehari) untuk Orang yang Malas Menulis

Saya membuat template catatan harian dengan FiiNote, untuk orang yang malas menulis catatan harian

Saya akan tuliskan versi tersingkat cara menulis catatan harian.

Ada 4 hal yang perlu kamu tuliskan dalam catatan harian: task (tugas), rapid log (catatan-singkat kejadian yang kamu alami), catatan (bebas), dan question-answer (pertanyaan dan jawaban yang kamu temukan hari ini.

Task (tugas) berisi 2-3 hal yang “harus” kamu kerjakan di awal, terkait pekerjaan atau tugas. Prioritaskan yang terpenting. Apa yang “harus” kamu lakukan, bukan apa yang “ingin” kamu lakukan. Task itu “penyelesaian” pekerjaan hari ini. Misalnya:

☐ posting artikel “menaikkan subscriber youtube”

Cukup 2-3 task dalam sehari. beri penanda ✔ jika terselesaikan, ✗ jika gagal. Jangan hapus jika gagal, agar bisa kamu pelajari mengapa tugas ini gagal kamu selesaikan.

Rapid log berisi kejadian singkat yang kamu alami. Cantumkan keterangan waktu dan tempat seperlunya. Misalnya:

“08.10 am – menulis summary buku black swan

“21.15 pm – nonton film “capone” (2020).”

Mengapa rapid log? 1. Agar kamu tetap bisa menikmati moment yang sedang berjalan, tanpa harus mencatat detailnya “sekarang”, karena dengan membaca rapid log ketika ada waktu untuk menulis, kamu bisa ingat kejadiannya dan membuat catatan lebih panjang jika dianggap perlu. 2. Banyak kejadian keren yang akan kamu rasakan di masa depan (3 bulan setelah ini, mungkin) di mana kamu mengenangnya. Rapid log bisa mencatat apapun yang pernah terjadi padamu.

Catatan bisa kamu isi apa saja. Summary buku. Quote. Refleksi kamu. URL dan deskripsinya. Rencana posting. Apa saja yang bukan “Task” dan bukan “Rapid Log”.

Question-Answer berisi pertanyaan dan jawaban kamu hari ini. Biasakan membuat pertanyaan dan harus kamu jawab hari ini, walaupun jawabanmu belum final. Pertanyaan bisa memberimu target, arah, pencapaian, memicu kreativitas, meningkatkan skill, membuat kamu “faster and better” (lebih cepat dan lebih baik) daripada kemarin, dan pertanyaan menjadi penghubung antara kamu dan dunia sekitarmu.

template-catatan-harian
Template Catatan Harian dengan FiiNote.

Saya membuat template di atas menggunakan FiiNote, aplikasi untuk menulis catatan yang sangat ampuh. FiiNote bisa menulis catatan panjang, di folder berbeda-beda, file mudah dicari dengan sistem #hashtag, pemakaian font sesuai selera. Content bisa berupa tulisan, handwrite, voice, dan image. Style bold, italics, warna font, dapat kamu terapkan agar catatan lebih cantik. Bisa kamu sinkronkan antara Android dan browser. Dan dapat di-share untuk publik dalam bentuk URL. Selain untuk menulis catatan harian, saya memakai FiiNote untuk memproses draft tulisan sebelum posting, mencatat pekerjaan, dan membuat ringkasan buku-buku yang saya baca.

Detail sistem penulisan dan mengapa perlu menulis catatan harian, dapat kamu baca di artikel “Menulis Catatan Harian Mulai Sekarang“. Saya menjelaskan mengapa orang sering gagal menulis catatan harian, termasuk kesia-siaan menjadikan media sosial sebagai catatan harian, serta bagaimana sistem penulisan catatan harian di kertas dan di Android.

Catatan harian bisa membuat orang lebih produktif dalam belajar dan bekerja, terlatih dalam mengambil keputusan, dan menjadi rahasia rutin menulis catatan setiap hari.

Gunakan template di atas, untuk memulai menulis catatan harian. Hanya perlu waktu total 15 menit per hari. Kamu punya waktu, kamu yang kendalikan waktu 15 menit itu. [dm]

What do you think?

923 points
Upvote Downvote