in

Seni Negosiasi Agar Pihak Lawan Bilang “Iya”

Tentang bagaimana cara mencari solusi yang menguntungkan kedua pihak dalam negosiasi.

Ringkasan buku Getting to Yes: Negotiating Agreement Without Giving In, Roger Fisher dan William Ury, Penguin Books, 3 Mei 2011, Edisi update, paperback, 240 hlm., ASIN: ‎ 0143118757, ISBN-10: 1844131467, ISBN-13: 978-0143118756

Kunci negosiasi: mencari solusi yang menguntungkan kedua belah pihak, bukan hanya memenangkan argumen atau mendapatkan keuntungan paling banyak. Pendekatan ini membantu membangun hubungan jangka panjang yang positif dan konstruktif.

Actionable:

  1. Persiapkan dengan Baik: Riset dan persiapan menyeluruh. Pahami kebutuhan, keinginan, dan batasan kamu serta pihak lain.
  2. Pisahkan Orang dari Masalah: Perlakukan pihak lain sebagai mitra dan bukan musuh. Fokus pada masalah, bukan pada personalitas. Tidak ada serangan ke pribadi.
  3. Fokus pada Kepentingan, Bukan Posisi: Apa kepentingan setiap pihak di sini? Mengapa mereka berada di posisi itu? Mereka ingin apa?
  4. Buat Pilihan untuk Keuntungan Bersama: Pikirkan solusi kreatif. Buka lebih banyak kemungkinan.
  5. Gunakan Kriteria Objektif:  Ini bisa berupa harga pasar, hukum, standar industri, atau keputusan ahli. Hindari perasaan bahwa satu pihak “menang” atas yang lain.
  6. Komunikasi Efektif: Dengarkan aktif, ajukan pertanyaan terbuka, dan pastikan kamu memahami sudut pandang pihak lain sebelum bivara. Hindari sikap ofensif-defensif.
  7. Kembangkan Berbagai Opsi Sebelum Tentukan Kesepakatan: Brainstorming berbagai opsi dengan pihak lain.
  8. Tahu Kapan Harus Berjalan Pergi: Jika negosiasi tidak mengarah pada kesepakatan yang memenuhi kebutuhan kamu, jangan takut untuk berjalan pergi.
  9. Buat Kesepakatan Win-Win: Akhirnya, tujuan negosiasi bukan hanya untuk mendapatkan apa yang Anda inginkan, tetapi juga untuk mencapai kesepakatan yang memuaskan kedua belah pihak. [dm]

Written by Day Milovich

Webmaster, artworker, penulis tinggal di Rembang dan Kota Lama Semarang.

Win-Win Solution itu Tidak Ada

Mengkondisikan Negosiasi