in

10 Menit Sendirian

Yang terjadi ketika saya 10 menit sendirian..

Ingin melupakan siapa dirimu dan apa yang sebenarnya kamu inginkan? Teruslah berbaur dengan orang lain. Buka feed media sosial. Nongkrong bersama.

Kontaminasi. Reduksi. Pendapat orang lain, pikiran orang lain, menjadi pendapat dan pikiran kita. Betapa sering kita dipaksa selalu menjadi makhluk sosial. Ketika jauh dari radar, ketika tidak ada sinyal internet, masih saja ada gadget yang kita buka, melihat foto, merekam sesuatu, yang seringnya bukan untuk diri sendiri.

Tidak jarang, kita menjadi sibuk menyesuaikan-diri demi orang lain atau mendominasi orang lain.

Sendiri, seperti menghapus tulisan-kapur di tablet batu. Melepas topeng. Apa yang kita ingin orang lain memikirkan tentang diri kita, memudar pelan-pelan. Kamu membuat dirimu terkesan. Retrospeksi.

Tidak ada yang bisa kamu salahkan, saat kamu sendiri, kecuali dirimu sendiri. Terbuka dan bertanggung jawab kepada diri sendiri.

Kamu bisa mendapatkan 10 menit sendirian, bahkan ketika bekerja. Atau 5 menit sendirian, ketika sampai di tempat yang belum ada orang. Atau lebih dari itu. Sendiri. Menjadi diri sendiri. [dm]

Written by Day Milovich

Webmaster, artworker, penulis, penambang crypto, redaktur Opini Pembaca di JatengToday.com, content creator Twitter @AsliSemarang, nggak pakai Facebook, aktif di Twitter @tamanmerah, pemilik SakJose.com, setiap minggu baca 2 buku, setiap hari selalu menulis dan menonton film.