in

Agar Lebih Sering Tuntas Baca Buku

Dari mulai memilih, cara baca, dan mengingat lebih cepat, itu sebenarnya yang bikin lebih sering tuntas baca buku.

Agar lebih sering tuntas membaca buku, ikuti tips berikut ini:
  • Kalau memang tidak bagus, tinggalkan saja. Jangan terlalu percaya pada review, apalagi baca iklan dari back cover. Sudah dapat preview sebagian isinya? Amazon menang bukan hanya karena penjelasan detail buku, tetapi dari preview sebagian chapter dari buku itu.
  • Ada banyak menit yang tak-terpakai sepanjang waktu. Bawa buku yang sedang kamu baca, ke mana-mana. Sedang tidak ada kerjaan selama 6 menit, gunakan untuk membaca. 6 menit x 10 = 1 jam.
  • Membicarakan ketertarikan saat sedang menekuni aktivitas (membaca buku), menghambat kesuksesan. Kalau belum selesai, tidak usah bicarakan di status. Kalau ada yang tidak paham, pelajari, misalnya: istilahnya, cara penyampaiannya, pendekatan teorinya. Baca, catat, selesaikan.
  • Bawa selalu kertas (catatan) dan alat tulis. Jangan andalkan mencatat dari smartphone. Selembar kertas A4 yang penuh catatan atas buku yang sedang kamu baca, akan menjadi dokumen yang sangat berharga. Mencatat hal menarik dan membuat pertanyaan atas buku itu, akan membuatmu lebih kuat mengingat isinya.
  • Hindari gangguan. Terutama: musik, makanan, dan smartphone. Tidak buka hape selama 30 menit, untuk membaca, kan tidak masalah. Fokus.
  • Baca buku dalam bentuk kertas. Kecuali, kamu sudah terbiasa membaca versi digital, dari smartphone.
  • Berhentilah memikirkan bahwa kamu sedang membaca. Berhentilah meminta orang lain agar tidak mengganggumu. Tidak perlu menciptakan ruangan steril dan menyepi. Gangguan itu datang kapan saja. Lakukan membaca seperti makan dan minum. Biasakan sebagai aktivitas keseharian.
  • Buat daftar tematik, tentang subject (tema) tertentu. Ini berarti, buku-buku ini masih dalam 1 tema sama, berhubungan. Akan lebih mudah diingat.
  • Jika buku itu bagus, baca-ulang. Jika belum paham, baca-ulang. Pada bagian-bagian menarik, di mana kamu belum paham, baca lagi. Satu buku yang tuntas dibaca, akan memudahkanmu membaca buku lain. Tidak selesai membaca buku, hanya akan membuatmu malu saat membicarakannya.

Day Milovich,,

Webmaster, artworker, penulis, tinggal di Rembang dan Semarang.

: )

What do you think?