in

Mau Produktif? Hapus Daftar-Tugas

Daftar tugas tidak penting. Tidak melarikan-diri, itu lebih penting.

Android ini error. Operating system bermasalah. Kemudian kita memilih kembali ke counter, untuk komplain. Masih ada garansi. Banyak orang menganggap operating system mereka baik-baik saja, sampai ada masalah. Sampai tidak “work”.

Sejak dulu saya tidak suka dengan “to-do list”. Mendaftar “task”, tugas yang harus diselesaikan, membuat rencana. Ternyata, ketika di tengah jalan, banyak yang tidak bisa kita selesaikan. Hasilnya, menyalahkan diri sendiri. Saya merasa malas, merasa tidak disiplin, merasa tidak berhasil.

Kebanyakan orang, membuat “task” dan memasukkan ke “to-do list”, termasuk orang yang tidak berhasil. Mereka menuliskan apa yang “bisa” dan “ingin” mereka lakukan. Bukan apa yang “harus” mereka lakukan.

Perubahan perilaku memerlukan perubahan identitas. Mau sehat? Anggap dirimu seorang atlet.

To-do list tidak membentuk identitas kamu. Tidak positif. To-do list menjanjikan “perintah”, keharusan, janji, dan siklus. Selain itu, orang yang memuja to-do list gagal memprediksi berapa lama ia bisa selesaikan itu. Daftar tugas, akhirnya menyebabkan “gangguan”.

Apakah “gangguan” itu? Pengalih-perhatian. Kebalikan dari gangguan bukanlah “fokus”, melainkan “traction”.

Sesuatu bisa kita sebut gangguan kalau kita tahu apa yang mengalihkan perhatian kita. Kita baru “terganggu” jika sudah mendefinisikan apa yang kita inginkan.

Membuat daftar tugas, justru menjauhkan saya dari apa yang ingin saya capai. “Apakah saya boleh melarikan diri dari tugas ini?”.

Daftar-tugas, sekali lagi, sering berisi hal-hal tidak penting. Mengorbankan pekerjaan penting. Daftar tugas menghancurkan kesenanganmu.

Memikirkan “apa yang seharusnya” justru menghapus kejutan dan kesenangan dalam hidup. Meremehkan waktu luang yang bisa kita punya.

Menyimpan kalender tidak hanya berguna untuk tugas-tugas yang berhubungan dengan pekerjaan. Kita dapat meluangkan waktu untuk hubungan penting kita dan untuk berinvestasi dalam diri kita sendiri. Latihan ini memperbaiki ketiga kesalahan menjalankan hari Anda dengan daftar tugas.

Ini yang perlu kamu lakukan:

Tuliskan hanya 1 tugas terpenting. Pastikan itu membentuk identitas kamu.

Buatlah target, hari ini akan memfokuskan energi untuk apa.

Selebihnya, lakukan hal lain. [dm]

Written by Day Milovich

Webmaster, artworker, penulis, penambang crypto, redaktur Opini Pembaca di JatengToday.com, content creator Twitter @AsliSemarang, nggak pakai Facebook, aktif di Twitter @tamanmerah, pemilik SakJose.com, setiap minggu baca 2 buku, setiap hari selalu menulis dan menonton film.