in

Jalan Pintas

Terpesona jalan pintas? Bayangkan apa yang akan terjadi di masa depan..

Jalan singkat yang sepintas menjanjikan, namun sebenarnya janji palsu. Keuntungan jangka pendek, namun mengorbankan orang lain. Melanggar aturan, tanpa tahu peraturan sesungguhnya, serta apa konsekuensinya kalau kamu melanggar. Mengorbankan orang lain. Memperluas kerusakan. Menanam masalah di masa mendatang. Mem-bully diri-sendiri di masa depan.

Pikiran sering membenarkan. Pikiran pula yang sering memblokir kamu agar kamu tidak pernah mengevaluasi langkah kamu. Di depan jalan pintas, coba periksa senjatamu, pikiranmu. Pedang bermata dua.

Apa yang terjadi di sekitar, sering menampilkan: “orang lain juga demikian”, alias ikut-ikutan, sepintas tidak masalah jika kamu lakukan. Pikirkan apa yang akan terjadi di masa depan.

Jalan pintas membuat orang terpesona. Traffic tinggi dalam sekejap. Membeli follower. Bertemu sebentar untuk konspirasi buruk. Arisan viewer dan share. Perjanjian dengan Setan. Menggoda tanpa cinta. Memilih karena baju yang dikenakan. Memilih karena orang lain.

Untuk apa sesingkat itu, jika akibatnya justru akan merusak dirimu pada waktu berikutnya?

Ambil keputusan jangka-panjang. Duduklah, pikirkan dan diskusikan lebih lama. Apakah kamu sedang melalui jalan-pintas dan menyukai kecurangan, ataukah jalan terjal namun hasilnya menyenangkan untuk besok?

Kamu tidak perlu berlatih membohongi dirimu sendiri. Dengarkan apa kata orang lain, yang memiliki perspektif berbeda tentang pilihanmu. Jangan percaya laporan baik kalau demi menyenangkan kamu. Pikiranmu yang sering melapor kepada dirimu sendiri, bahwa kamu baik-baik saja, bahwa kamu sudah benar, bahwa orang lain semestinya mengikuti kamu.

Sebagus apapun pikiranmu, dirimu lebih penting dari pikiranmu. Kenali jalan pintas di depanmu. [dm]

Written by Day Milovich

Webmaster, artworker, penulis, penambang crypto, redaktur Opini Pembaca di JatengToday.com, content creator Twitter @AsliSemarang, nggak pakai Facebook, aktif di Twitter @tamanmerah, pemilik SakJose.com, setiap minggu baca 2 buku, setiap hari selalu menulis dan menonton film.