in

Pertukaran, Bukan Barter

Ubah perspektif kamu tentang pertukaran.

Pertukaran menjadi inti perdagangan. Pertukaran, bukan barter.

Pertukaran manfaat, membuat nilai menjadi berubah, naik turun. Kalau kamu mempelajari cryptocurrency, harga sebotol anggur merah mewakili “nilai yang dibagikan” bersama antara penjual dan pembeli.

Kamu memakai Android dengan prosesor snap dragon terbaru, untuk bermain game. Kepuasan dengan imbalan konsumsi baterai lebih banyak. Pertukaran meminta pengorbanan.

Kamu mengorbankan waktu, untuk membaca buku, masih harus menuliskan catatan agar tetap ingat. Kamu menukar zona-nyaman dengan belajar, untuk menjamin bisa memahami buku itu. Pertukaran membutuhkan pengorbanan, menjanjikan garansi.

Guru bersabar mendatangi murid yang belajar di rumah saja, mengajarkan cara menyelesaikan tugas, berbicara dengan orang tua murid. Tidak pernah mengeluh.

Profesional mengerti harga pertukaran. Selalu ada resiko, peluang, dan kebaruan di balik pertukaran. Kadang ia memberi, hanya memberi, namun sudah mengkalkulasi efek setelah ini.

Pertukaran mengarah kepada level “permainan” yang lebih tinggi.

Kamu tidak bisa menukar perhatian dengan Like. Kamu tidak bisa menukar empati, fokus jangka-panjang, dan usaha terus-menerus, dengan uang dan kata-kata.

Pertukaran, terjadi setiap saat.

Belajar mengambil keputusan, belajar melakukan pertukaran. Hanya pertukaran menarik.

Ketika melakukan sesuatu, pastikan, ini pertukaran menarik. Jangan hanya mencari keuntungan sesaat. [dm]

Gorila dan Wartawan

Gajah di dalam Ruangan