in

Rahasia Google AdSense (tanpa Traffic)

Dapat 50 klik sehari, 1 klik 6 dollar, itu bisa. Tanpa ribet mendatangkan traffic.

Mau bekerja dari rumah? Fokus pada AdSense, bisa menghasilkan. Yang saya bicarakan ini, AdSense di web. Hanya bagi yang mengerti “riset keyword”, bisa bikin web ( tahu cara kerjanya), dan pernah gagal main AdSense. Saya tidak akan jelaskan detailnya. Saya menyebutnya AdSense No Traffic. Tidak perlu cara jahat, tidak perlu ribet mencari traffic.

Mengapa Banyak Orang Gagal Dapat Duit dari AdSense?

Karena mereka tidak tahu cara kerjanya. Hanya bikin web, lalu memasang AdSense, tanpa melakukan optimasi dan riset, hasilnya pasti nggak sesuatu harapan.

Mentarget Audien

Saya ceritakan dulu, cara yang tidak berhasil. John adalah pengiklan di Google. John menjual tas. Jika ada halaman tentang tas, dan memiliki slot iklan, maka iklan Google John akan ditampilkan. Orang klik iklan itu, diarahkan ke website John, dan [kemungkinan] akan terjadi transaksi di website John. Cara ini sering tidak berhasil.

John kemudian ganti strategi, dengan mentarget keyword yang lebih khusus, dari “tas” menjadi “tas kulit”. John melakukan “penargetan audien”. John sudah memiliki target audien yang jelas: perempuan, umur 33-44 tahun, sudah bekerja, tinggal di Semarang, dst.

Apa kata Google? Coba kita bandingkan cara awal dan cara kedua. Kalau John memakai keyword “tas”, ia akan menerima USD 500 untuk 100 block iklan. Kalau John memakai “tas kulit”, ini lebih spesifik, John harus membayar USD 1000 untuk 100 block iklan yang sama.

Sekali Klik Iklan, Dapat 6 Dollar? Bisa Lebih.

John bisa menghasilkan lebih banyak uang dengan cara kedua. Secara teknis, ini berarti, 1 klik iklan milik John (yang di pasang di AdSense oleh Google) berarti mendapatkan USD 10. Lebih mahal, karena target audien lebih spesifik.

Google dapat 32% dari pendapatan sekali klik, sedangkan Penerbit iklan mendapatkan 68% bagian dari pendapatan yang dihasilkan. Artinya, 1 klik iklan akan dapat USD 6.

Kalau pemilik web mengoptimalkan halaman dan content mereka untuk keyword “tas kulit”, Google akan menampilkan iklan “tas kulit” yang bisa menghasilkan USD 6 dengan sekali klik. Kalau memakai kurs dollar Amerika hari ini, 24 Agustus 2002, maka sekali klik kamu dapat Rp 87,741.60

Kamu bisa mendapatkan lebih dari itu. Saya akan jelaskan caranya, bukan detailnya.

Cari Keyword dengan CPC Tinggi

Mentarget keyword dengan CPC tinggi, lebih baik daripada keyword rata-rata. Yang mencari CPC tinggi, lebih banyak berniat membeli dan punya daya beli. Secara teknis, lebih menguntungkan bagi Google.

Buka Keyword Planner

Lihat hasil pencarian keyword “adsense”. Ada perhitungan volume pencarian per bulan, keterangan tinggi-rendah, dan berapa nilainya. Pilih keyword dengan CPC sedang (jangan selalu tinggi) namun dengan volume pencarian tidak tinggi (ini berarti, sedikit pesaing). CPC tinggi lebih menantang.

Batasi Jaringan dan Jenis Iklan

STUDI KASUS. Terjadi 2 pengiklan yang sama-sama berpeluang menempatkan iklan di halaman kamu.

1. John adalah pengiklan yang ingin menjual “tas kulit”; dan
2. Shinta adalah manajer pemasaran yang ingin menjual fashion untuk perempuan-berkarir.

Apa yang akan dilakukan Google dalam menghadapi situasi ini? Google melihat keduanya cocok ditempatkan di website kamu. Google akan melakukan “lelang”.

Jadi, setelah memilih keyword dan optimasi content, jangan sembarangan memblokir jaringan dan jenis iklan. Kalau kamu memblokir iklan Shinta, berarti kamu kehilangan peluang mendapatkan pengiklan lain yang ingin memasarkan fashion untuk perempuan-berkarir.

Blokir jaringan dan jenis iklan, jika dan hanya jika kamu merasa iklan itu sangat tak-relevan. Misalnya, website kamu berisi desain logo, kamu bisa blokir iklan obat kuat. Di menu pemilihan iklan, kamu boleh memblokir kategori “Perjudian” dan “Dewasa” jika memang benar-benar tak-relevan.

Tentukan negara mana yang kamu target, negara mana kamu kamu larang. Baca dan lihatlah statistik tentang kebiasaan orang membeli, yang relevan dengan audien yang kamu targetkan. Penelitian adalah segalanya.

Buka dan bacalah Google Analytics, setiap hari, sebelum kamu menerima slot iklan untuk Google AdSense.

Atasi Bounce Rate

Lihat selalu tingkat pentalan (bouncing rate). Kalau ada orang buka halaman kamu, tidak selesai, baru sebentar langsung menutupnya, itu berarti pentalan terjadi. Semakin tinggi tingkat pentalan, maka Google akan menganggap bahwa orang membuka website kamu untuk klik iklan lalu keluar. Google akan memeriksa relevansi content dengan iklan. Lagi-lagi seperti itu.

Di-banned, belum tentu karena kamu melanggar ketentuan.

Jika Google marah, keadaan ini bisa membuat akun AdSense kamu ditangguhkan. Secara permanen. Jadi, di mana bouncing rate tinggi, Google tidak akan menyukainya. Pelajari cara mengatasi “bouncing rate”.

Tempat Iklan yang Sering Dapat Klik

  • 1 Block atas, di header atau di atas judul postingan.
  • 1 Teks atau 1 iklan bergambar di tengah-tengah content. Iklan di tengah content juga dianggap Google sebagai iklan yang dilihat secara penuh, bisa mengurangi rasio klik per tayang.
  • 1 block iklan di akhir postingan.

Jangan pasang iklan di sidebar. Jadikan sidebar hanya untuk iklan bukan AdSense.
Jangan pasang iklan berbentuk skyscraper karena sangat jarang diklik orang.

Perhatikan Ini Kalau Kamu Main AdSense

★ Pilih artikel yang relevan dengan iklan yang kamu target. Misalnya, kamu ingin ada iklan “tas kulit” di web kamu, carilah keyword yang dicari para pembeli “tas kulit”. Panduan membedakan tas kulit asli dan imitasi. Tips memilih “tas kulit” berkualitas. dst.

✔ Ikuti terus peraturan AdSense. Mereka sangat keras.
✔ Riset kata kunci dulu, baru menulis. Kamu menulis untuk mendapatkan iklan. Bukan berarti tulisan kamu kurang berkualitas kalau demi iklan. Teks untuk iklan butuh pemikiran lebih.

★ Pilih niche untuk content kamu dengan CPC tinggi.

✔ Rahasiakan temuan kata kunci yang menghasilkan, jangan bagikan dengan orang lain.

★ Periksa density keyword, jangan lebih dari 3%.

★ Jadikan “natural” sebagai metode. Bukan tampak natural, tetapi memang kamu harus menulis secara natural. Deskripsikan masalah sebagai orang yang pernah mengalami. Ceritakan pengalaman.

✔ Gunakan jenis iklan yang tidak standar. Orang menyukai keunikan.
✔ Pilih iklan format gambar dan teks, bersamaan, dalam 1 halaman.
✔ Gunakan Adsense untuk pencarian. Jangan blokir iklan dari “Google CSE” yang kamu buat.
✔ Gunakan beberapa unit iklan, jangan hanya 1 jenis.
✔ Buang pembatas (batas) pada iklan. Orang tidak suka pembatas. Mereka akan tahu itu iklan.
✔ Jangan memanipulasi tampilan iklan.

★ Jangan blokir AdSense dengan plugin atau robots.txt

✔ Ubah warna iklan (sesuai pilihan dari AdSense) agar sesuai dengan situs kamu. Tidak harus harmonis. Kontras lebih baik. Jika website kamu “grayscale”, akan membuat iklan lebih kelihatan.
✔ Jika satuan berbayar rendah, pakailah iklan bergambar.
✔ Kurangi jumlah total outbond link pada content kamu.
✔ Pakailah semua fitur AdSense. Pelajari, jelajahi, dan eksperimen.

★ Lacak iklan mana yang paling banyak ditayangkan, paling banyak dapat klik, dan paling menghasilkan. Buatlah artikel yang relevan dengan iklan itu.

✔ Jangan menulis atau membuat website hanya demi AdSense. Tuliskan content lain dalam 1 web. Jangan sampai semua content berisi “untuk” iklan.
✔ Pantau terus iklan kamu setiap hari.
✔ Blokir pengiklan dengan bayaran rendah dengan Filter Kompetitif
✔ Gunakan pratinjau Adsense
✔ Jangan melakukan duplikasi content. Termasuk: jangan menggunakan kata-kata dan pembahasan standard, yang dilakukan web atau blog lain.
Kalau kamu menulis panjang, kesempatan menampilkan “inline ads” (iklan di dalam content) lebih banyak.

★ Jangan tetapkan Google AdSense sebagai opsi iklan sekunder. Jadikan opsi pertama. Jangan jadikan AdSense sebagai iklan kupingan.
★ Publikasikan konten panjang, di atas 3000 kata.
★ Jadikan keyword-terkait (related keyword) sebagai Subjudul H3 dan H4 dalam tulisan.

✔ Bergabunglah dengan Mitra YouTube. Buatlah channel YouTube yang unik. Jika sudah menjadi mitra YouTube, sisipkan video ke dalam web.

★ Singkirkan iklan layanan masyarakat
★ Hindari judul seperti iklan bersponsor dalam widget
★ Catat dan pelajari content iklan. Bagaimana mereka membuat judul dan deskripsi dalam iklan.

Hanya 1 website, kalau kamu optimasi dan selalu riset, hasilnya bisa optimal. Kamu bisa dapat 50 klik dengan harga 1 klik 6 dollar, dalam 1 hari. Selalu riset dan perbaiki kegagalan. Jangan percaya pada apa kata tutorial. [dm]

What do you think?

4169 points
Upvote Downvote