in

Kekuatan Volunteer

“Volunteer” (relawan) punya kekuatan tak-terbayangkan. Sering berhenti dintengah jalan, tidak jelas hasilnya, karena salah menangani kerja mereka.

Banyak project dunia yang bisa terwujud karena peran relawan. Crowdsourcing. Opensource. Wikipedia, Bockchain. Eco-friendly. Anti-kekerasan terhadap perempuan. Semuanyerjadi karena gerakan relawan.

Wikipedia tidak berbayar, tidak ada yang membayar para editor. Wikipedia mengandalkan partisipasi.
Blockchain project yang “tidak bertanggung jawab” karena tidak ada ketua dan bendahara, namun blockchain menjamin tidak ada manipulasi dalam transaksi, paling aman di dunia. Blockchain mengubah cara kita mengalami internet dan bertransaaksi. Itu sebabnya orang mau menjadi kontributor dalam memvalidasi setiap transaksi berbasis blockchain.

Bagaimana gerakan relawan bisa masif dan berhasil?

Komponen yang membuat “volunteering” berhasil:

1. Agenda

Jelaskan, “mengapa” gerakan ini harus ada. Perlihatkan peta yang bisa mereka lalui, rute yang bisa mereka pilih. Gunakan “cara menjadi partisipan”. Terima kasih. Tanamkan nilai pergerakan dan “kebebasan” berpartisipasi. Slogan dan atribut, punya pengaruh besar. Bukan politik, bukan agama, bukan “kebenaran”.

Agenda yang paling didukung, biasanya bertema kemanusian, untuk masa depan semua manusia, lebih menguntungkan bagi masa depan, dan menghindari kerugian atau bencana.

Agenda ini selalu jangka panjang. Demi masa depan.

Berikan penjelasan ilmiah, bagaimana agenda ini hanya bisa kita kerjakan bersama, mengapa penting, dan apa akibat buruknya jika kita abaikan.

2. Dukungan Rekan

Perlihatkan siapa saja yang terlibat. “Suku” (tribe) yang terbentuk. Jangan menjadikan pergerakan ini eksklusif, jangan membuat orang terasing dan merasa berdiri di luar. Banyak gerakan bagus, dikecualikan dan dibenci, karena relawan mereka sombong.

Bersikap inklusif (ajak yang bisa ikut), dan pluralis, jangan dipecah issue SARA dan bukan tujuan jangka pendek.

Katakan, sekuat apa mereka yang sudah mendukung, siapa saja mereka. Buatlah gerakan sebagai milik kita bersama.

3. Pencapaian

Perlihatkan progress, apa yang sudah dikerjakan. Terima kasih, sudah menjadi bagian utama dari pergerakan ini.

Setelah setahun, kita sudah melakukan ini. Setelah lima tahun, ada perubahan begini.

Relawan akan mengajak orang lain, ketika ada pengingat, berupa “pencapaian”, yang menghargai gerakan mereka.

Tidak ada yang sia-sia. Tidak boleh ada kehilangan harapan. Semua berawal dari langkah-langkah kecil.

Kita bisa memulai dengan inisiatif memecahkan masalah bersama, memulai “agenda”. Group WhatsApp, Telegram, forum, perbincangan dengan tetangga, berpotensi menjadi gerakan relawan. Kalau gagal, ketiga komponen itu kemungkinan tidak terbentuk. Kita bisa perbaiki itu. [dm]

Written by Day Milovich

Webmaster, artworker, penulis tinggal di Rembang dan Kota Lama Semarang.

Pertunjukan yang Belum Siap

Prinsip untuk Orang Lain