in

Jika Tulisanmu Tidak Ada yang Baca..

Jangan egois. Berarti tulisan kamu masih butuh perbaikan.

(Image: Iconic Bestiary)

Saya sering dapat pesan dari orang, “View di web jangan ditampilkan, karena masih sedikit.”. Mereka ingin, pembaca tidak melihat view, karena masih di bawah 200 view per tulisan.

View berarti berapa kali orang lihat tulisan itu. Viewer adalah jumlah orang yang melihat, biasanya identifikasi viewer berdasarkan mesin yang dipakai atau IP Address.

Apa yang terjadi kalau tidak ada orang yang baca tulisanmu?

Jangan down. Lakukan perbaikan. Kalau bagus, orang tetap akan baca.

Yang penting, coba balik ini menjadi optimisme.

  • Jika mereka tidak mau baca, saya harus koreksi kualitas.
  • Jika mereka tidak mau share, saya perlu lihat faktor-faktor yang membuat orang mau share tulisan — yang mungkin belum saya perbaiki.

Ketika kamu mengajak kencan orang yang kamu cinta, mungkin ia bilang “Tidak. Kalau malam hari jam segitu, saya tidak bisa.”. Itu artinya, ia memintamu lebih buka-mata. Apa yang ia lakukan di hari ini, jam segitu? Apa yang membuat ia menolak ajakan saya?

Seperti dalam syair Jalaluddin Rumi, “Jika kekasihmu menutup satu pintu, sesungguhnya ia membuka seribu pintu lain.”.

Pikirkan lagi, mengapa zero view. Pelajari faktor-faktor yang membentuk perhatian pembaca, apa yang membuat mereka mau baca, seperti apa content kamu, dst.

Lakukan perbaikan. Itulah “seribu pintu lain” yang menjamin kamu akan dapat lebih banyak pembaca. [dm]

Written by Day Milovich

Webmaster, artworker, penulis, penambang crypto, redaktur Opini Pembaca di JatengToday.com, content creator Twitter @AsliSemarang, nggak pakai Facebook, aktif di Twitter @tamanmerah, pemilik SakJose.com, setiap minggu baca 2 buku, setiap hari selalu menulis dan menonton film.