in

Metode Skyscraper yang Terkenal Itu

Inspirasi terbaik bisa datang dari kompetitor.

(Image: Iconic Bestiary)

Skyscraper. Gedung pencakar langit. edung tinggi. Ada banyak kantor atau apartemen di sana. Gedung dengan banyak tautan. Gedung yang disebut namanya ketika orang naik bis, menjadi tempat acara, bahkan gedung itu lebih dikenal daripada nama jalan yang sudah lebih-awal ada.

Seperti itulah konstruksi tulisan panjang yang disukai pembaca dan mesin pencari.

Teknik “skyscraper” adalah metode mendapatkan tautan berkualitas, dalam skala besar, menggunakan wawasan mendalam, content dengan kinerja terbaik, untuk menjelaskan pandangan kamu. Gedung yang antigempa. Sulit diruntuhkan.

Bayangkan skenario ini..

Pada suatu hari, kamu ingin menulis tentang “produktivitas kerja”. Googling. Ternyata, ada puluhan artikel yang jauh lebih bagus daripada apa yang ingin kamu tuliskan. Jauh lebih bagus, komplet, muncul di halaman 1 hasil pencarian Google, secara visual cantik, bahkan kamu sendiri ingin share.

Kemudian kamu berlama-lama membaca referensi terkait topik “produktivitas kerja” yang ingin kamu tuliskan. Di skenario ini, kamu ingin menyerah, “Tidak mungkin saya melampaui mereka..”.

Kalau ini terjadi, kamu perlu taktik bernama “SkyScraper”.

Bangunlah gedung pencakar langit. Saya akan uraikan detailnya. Ini dia apa yang akan kita jalankan:

  1. Pilih topik yang ingin kamu tuliskan. Misalnya, tentang “produktivitas kerja”. Kamu ingin, di keyword itu, tulisanmu bisa ngehit dan ada di page 1 Google.
  2. Temukan keyword itu di Google. Coba search. Dapat banyak hasil?
  3. Buat content yang lebih baik daripada kompetitor kamu.

Baiklah, saya tahu, ini bagian yang sangat tidak mudah. Tentu kamu bertanya, “Bagaimana caranya membuat content yang lebih baik daripada saingan saya?”.

Ini sama saja dengan kamu jalan-jalan, melihat suatu gedung pencakar langit, di mana kamu kagum dan penasaran, seperti apa gedung pencakar langit terbaik di dunia? Kamu akan membuatnya. Untuk menjadi yang terbaik, inginkan yang terbaik. Untuk menjalankan itu, kamu harus tahu apa yang perlu kamu jalankan.

Saya terapkan metode skyscraper untuk menulis content panjang.

“Apa yang membuat suatu tulisan diakui sebagai terbaik?”.

Kalau kamu punya wawasan unik dan lebih mendalam. Itulah faktor terkuat dalam SEO.

Sejak tahun 2017 saya sudah coba taktik ini, dan artikel yang saya rancang dengan teknik SkyScraper selalu ada di halaman 1 pencarian Google, untuk keyword yang sesuai.

Semrush menulis tentang metode skyscraper ini.

https://www.semrush.com/blog/skyscraper-technique/

Brian Dean dari Backlinko punya instruksi yang lebih detail.

https://backlinko.com/skyscraper-technique

Teknik itu tidak rahasia. Yang rahasia adalah penerapan teknik itu. Setelah kamu terapkan, baru akan kelihatan work atau tidak. [dm]

Written by Day Milovich

Webmaster, artworker, penulis, penambang crypto, redaktur Opini Pembaca di JatengToday.com, content creator Twitter @AsliSemarang, nggak pakai Facebook, aktif di Twitter @tamanmerah, pemilik SakJose.com, setiap minggu baca 2 buku, setiap hari selalu menulis dan menonton film.