in

Kalau Ingin Bekerja Tanpa Tes

Pikirkan skill apa yang dibutuhkan mendatang, maka kamu bisa buat pekerjaan sendiri.

Orang mencari pekerjaan baru. Tes, wawancara, jalur resmi, diterima atau tidak diterima. Banyak website menjadi fasilitas untuk mencari lowongan pekerjaan, membantu orang untuk dapat pekerjaan. Menjadi PNS, pegawai BUMN, tenaga medis, dll.

Saya tidak pernah ikut jalur seperti ini.

Saya lebih suka bertanya, “Kemampuan apa yang dibutuhkan orang, sampai 15 tahun mendatang?”.

Saya mendaftar skill yang most-wanted (paling dicari orang), dengan harga meningkat.
Kebanyakan, skill ini tidak diajarkan hanya di 1 tempat (sekolah, lembaga). Kebanyakan, membutuhkan keberanian untuk memilih.

Belajar, seperti membeli saham dan memprediksi masa depan.

Saya mengikuti sertifikasi online, yang lebih berat daripada kuliah biasa, karena kebanyakan materi yang saya ikuti tidak bisa dapatkan di perkuliahan reguler. Saya mengikuti perkuliahan online karena saya tidak mungkin pergi ke Inggris untuk kuliah di sana. Saya menghabiskan biaya mahal untuk membangun skill yang akan dibutuhkan orang.

Singkatnya, itu yang menyebabkan saya harus keluar dari kuliah. Agar saya bisa memilih apa yang ingin saya pelajari lebih mendalam. Itulah yang “kelak” bisa menjamin hidup saya.

Dunia tidak tetap. Dunia sedang berubah, selalu berubah, lebih cepat.

Pendidikan dan pekerjaan, lebih rumit dan lebih berpeluang baik. Antisipasi, biasanya keluar dari zona nyaman. Pertaruhan yang sudah dipertimbangkan seribu kali. Jaminan besok. Menciptakan masa depan.

Jaminan itu berupa mempelajari skill yang akan dibutuhkan dalam pekerjaan.

Ada lowongan kerja atau tidak, kamu berani menjamin tetap akan bekerja dengan layak.
[dm]

Written by Day Milovich

Webmaster, artworker, penulis, penambang crypto, redaktur Opini Pembaca di JatengToday.com, content creator Twitter @AsliSemarang, nggak pakai Facebook, aktif di Twitter @tamanmerah, pemilik SakJose.com, setiap minggu baca 2 buku, setiap hari selalu menulis dan menonton film.