in

Nama Kamu Tidak Ada di Credit Title Lagi

Kenapa nama saya hilang lagi? Tenang. Kita bisa atasi dengan ini..

Kawan saya menelepon, “Saya yang buat, punya peran, namun boss ambil credit itu. Saya tidak disebut.”. Baiklah, jangan marah. Ada cara lebih baik untuk hadapi masalah ini.. 

Bagaimana menghadapi masalah ini? 

Anggap itu sebagai pujian, berarti, pekerjaan kamu bagus. 

Tanyakan secara pribadi kepada boss kamu, “Saya mencatat, dalam pernyataan tadi siang, nama saya tidak disebut dalam credit. Apakah ada alasan yang menjadi pertimbangan khusus, sehingga nama saya dihilangkan?”. Dengar jawabannya. 

Atau, ” Saya pikir itu ketidaksengajaan, ketika nama saya tidak disebut dalam laporan. Saya bertanya-tanya, kesalahan apa yang telah terjadi sehingga kita mengubah credit itu?”. Berikan kesempatan baginya untuk.menjawab. 

Pastikan kamu punya jejak digital, berupa file asli, email, dan screenshot, agar bisa mengingatkan publik bahwa kamu pemilik credit atas pekerjaan dan ide kamu itu. 

Tidak jarang, seorang boss menganggap kamu bekerja untuknya (bukan bekerja bersamanya) sehingga hasil pekerjaammu dianggap (wajar jika) menjadi miliknya. 

Atau mungkin, ada nada positif, di mana nama kamu tidak disebutkan ketika boss kamu mewakili suara perusahaan. Pada saat seperti itu, sebenarnya kamu bersuara sebagai perusahaan tempat kamu bekerja. Kamu menjadi pegawai yang sangat diandalkan perusahaan. 

Singkatnya, klarifikasi secara positif dan siapkan pertanggungjawaban, karena kamu bekerja bersama, bukan berkompetisi untuk saling mengunggulkan diri. [dm]

Written by Day Milovich

Webmaster, artworker, penulis tinggal di Rembang dan Kota Lama Semarang.

Tesla Tidak Jenius

Perfeksionis