in

Mengkondisikan Negosiasi

Pendekatan baru untuk menang dalam negosiasi. Fokusnya bukan pada apa yang kamu katakan, bukan pada bagaimana cara kamu mengatakan.

Tentang menciptakan kondisi yang menguntungkan sebelum melakukan tindakan persuasi utama.

Fokusnya bukan pada apa yang kamu katakan, bukan pada bagaimana cara kamu mengatakan. Fokus pada pentingnya konteks, perhatian, dan timing dalam mempengaruhi keputusan dan perilaku orang lain.

Ringkasan Buku Pre-Suasion: a Revolutionary Way to Influence and Persuade, Robert Cialdini, Simon & Schuster; First Edition (September 6, 2016), Edisi hardcover, 432 hlm., ISBN-10: ‎1501109790, ISBN-13: 978-1501109799.

Actionable:

  1. Pengaturan Tahap: Persiapan sebelum permintaan. Ciptakan suasana atau konteks yang sesuai yang ‘mengatur tahap’ untuk pesan Anda. Ciptakan kondisi yang menguntungkan, misalnya: orang ingin keandalan, maka bicarakan tentang keandalan.
  2. Perhatian sebagai Mata Uang: Fokus orang sangat mempengaruhi keputusan mereka. Sorot statistik atau cerita yang memperkuat poin yang kamu bicarakan.
  3. Asosiasi: Orang merasa benar kalau “terhubung” dan bisa menghubungkan hal-hal secara logis. Hubungkan produk, layanan, atau ide kamu, dengan sesuatu yang mereka inginkan, yang menyentuh emosi mereka.
  4. Priming: Siapkan seseorang dengan stimulus tertentu untuk mempengaruhi reaksi mereka terhadap stimulus berikutnya. Misalnya: bicara tentang kesehatan, sebelum bicara tentang produk yang terkait dengan gaya-hidup sehat.
  5. Kelola Titik Fokus: Arahkan perhatian atau fokus orang ke situasi yang mempengaruhi keputusan mereka.
  6. Timing: Sampaikan di waktu yang tepat, ketika mereka terbuka untuk menerima informasi baru atau ketika mereka dalam keadaan pikiran yang positif. [dm]

Written by Day Milovich

Webmaster, artworker, penulis tinggal di Rembang dan Kota Lama Semarang.

Seni Negosiasi Agar Pihak Lawan Bilang “Iya”

Menelusuri Lubang Kelinci