in

Save Teks Online dengan Password di Protected Text

Kalau saya menulis draft di browser, mau aman, tanpa register, dan sebanyak yang saya mau.

Kasus ini sering saya alami. Browsing, membuat catatan online, kemudian ingin saya save, tetapi saya tidak mau memakai email, flashdisk, dll. Yang saya ketik hanya teks (text only), tanpa format, tanpa gambar. Saya ingin ada website yang bisa simpan teks, tanpa harus register, dan teks ini menjadi milik saya sepenuhnya: terenkripsi dan berpassword, kemudian bisa saya hapus kapan saja.

Saya memakai Protected Text.

Protected Text

https://protectedtext.com

  1. Buka domain Protected Text. https://protectedtext.com
  2. Kemudian masukkan url yang kamu inginkan untuk kamu buka nanti (di tempat lain). Misalnya: secretnote77
    Penamaan ini harus unik. Tambahkan angka jika perlu. Yang penting, kamu ingat. Ciri jika nama catatan tersebut belum ada yang pakai, akan ada tawaran “Create Site”.
  3. Sekarang, kamu punya alamat catatan ini:
    https://protectedtext.com/secretnote77
  4. Klik Create Site. Kamu bisa menulis teks. Pakai tab baru, dengan klik tanda plus, jika perlu. Ini berarti, dalam 1 catatan bisa terdiri dari beberapa tab. Setelah selesai, pilih “Save”.
  5. Masukkan password. Misalnya, kita beri password “MyPassword123”. Ulangi memasukkan password di kotak kedua. Kemudian tekan

Untuk membuka catatan yang sudah kamu buat, buka URL pada Langkah 2, kemudian masukkan password seperti pada Langkah 4. Kemudian pilih “Decrypt this site”. Catatan akan terbuka. Kalau sudah terbuka, kamu bisa edit, save, change password (ganti password) atau delete catatan tersebut.

Catatan ini bisa kamu buka dari browser, dari komputer manapun.

Hanya kamu yang mengerti URL catatan dan password kamu. Jika lupa password, tidak ada jalan untuk me-recover karena website Protected Text tidak menyimpan password di server.

Protected Text membuat website ini, untuk “melawan” perusahaan besar yang memiliki keamanan yang tidak bsia dipercaya. Protected Text tidak memasang iklan, tidak memakai data kamu, dan tidak menghakimi apa yang kamu simpan. Data kamu adalah data kamu. Sudah 8 tahun, tidak pernah ada lubang keamanan di Protected Text dan tidak ada usaha untuk merusak website ini.
Selain memakai browser, pemakai bisa download versi Android di PlayStore.

Safe Notes – Secure Ad-free notepad
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.protectedtext.android

Tetaplah menulis, di mana saja, dengan aman, bersama Protected Text. [dm]

Written by Day Milovich

Webmaster, artworker, penulis, penambang crypto, redaktur Opini Pembaca di JatengToday.com, content creator Twitter @AsliSemarang, nggak pakai Facebook, aktif di Twitter @tamanmerah, pemilik SakJose.com, setiap minggu baca 2 buku, setiap hari selalu menulis dan menonton film.