in

Telegram Bisa untuk Media-Simpan, tanpa Batas

Tidak ada lagi masalah “memori penyimpanan penuh”. Gambar terkirim tanpa reduksi. Dan bisa simpan file, tanpa batas.

Telegram bisa untuk media-simpan, tanpa batas. Kirim pesan ke diri-sendiri. Jika gambar tidak mau direduksi kualitasnya, kirim sebagai file. Tidak ada lagi problem “memori penyimpanan penuh”, pekerjaan tetap lancar pakai Telegram

Kasus yang sering terjadi: hape mengalami “media penyimpanan penuh”. Tidak lagi, kalau pakai Telegram. Kamu bisa simpan di Telegram. Benar, unlimited.

Sekali Pengaturan, Terpakai Selalu

Lakukan pengaturan agar Telegram bisa menyimpan file, unlimited.

Pengaturan di Telegram ini hanya sekali pengaturan.

Buka aplikasi Telegram > Menu > Settings > Data and Storage > #nonaktifkan “autodownload media”.

Mengapa harus dinonaktifkan?

Fungsinya, agar jika kamu dapat kiriman file, .gif, .mp3, .mp4, dll. tidak langsung tersimpan (sebagai cache) di hape. File tersebut akan tersimpan di server Telegram. Baru tersimpan (sebagai cache) jika kamu klik icon download (bergambar panah-bawah) di atas preview file itu.

Jika sudah terlanjur terbuka, di mana lokasinya?

Buka aplikasi File/Folder (saya pakai MiXplorer) > arahkan ke Internal Storage > Telegram. Ada 4 folder di dalamnya. Buka masing-masing folder itu, kemudian hapus isinya, jika tak-terpakai.

Apakah file yang di chat Telegram juga akan terhapus?

Tidak. Masih tersimpan di server telegram.

Di mana saya harus menyimpan file saya?

Kirimkan file (.zip, .pdf, .mp3, dll.) ke diri-sendiri. Jika belum terlihat ada chat bernama “Saved Message” (biasanya, terletak di baris paling atas, di atas chat yang lain), coba pilih sebaris chat dari orang lain kemudian forward ke “Saved Message”.

Mau kirim sebanyak mungkin, bisa. Mau 200 Mb, 1 Gb, bisa. Tanpa batas. Tergantung koneksi.

Kualitas Gambar dan Multimedia tidak Direduksi, Asalkan..

Apakah jika saya kirim image, akan direduksi kualitasnya?

Tidak. Tergantung cara kirimnya.

Saya pernah kirim file .jpg dimensi 400×115 cm (itu artinya 4 meter kali 1 meter seperempat) tidak direduksi kualitasnya sama sekali.

Klik paper-clip > pilih file > arahkan ke file gambar yang akan dikirim ke diri-sendiri.

Agar lebih aman, untuk file sensitif, biasanya saya kompresi dalam format .rar berpassword, baru kirimkan ke diri-sendiri. File .rar berpassword, asalkan passwordnya kombinasi simbol dan huruf besar-kecil, sepanjang 15 karakter, tidak bisa ditembus.

Tidak ada problem kekurangan penyimpanan lagi. File bisa disimpan di Telegram, atau dikirimkan melalui Telegram, tanpa reduksi. Pekerjaan lebih lancar. Catatan ini saya tuliskan langsung di Telegram. Tidak seperti aplikasi chat lain, jika ada teks yang sudah terlanjur terkirim, masih bisa di-edit. Tidak khawatir salah-tulis lagi. Kreativitas tetap jalan lancar di Telegram.

Pertanyaan lain tentang telegram, bisa disimak di Telegram FAQ, yang mengungkapkan lebih banyak kesaktian telegram. Jika belum banyak kawanmu pakai Telegram, bisa chat dengan Day Milovich di Telegram.

What do you think?