in

Yang Lebih Penting dari Mission Statement

Membangun portofolio dan menetapkan nilai, dalam pekerjaan kamu, itu lebih penting.

Saya tidak butuh pandangan kamu. Saya ingin tahu “project” apa yang mewujudkan pandangan kamu.

Para pemikir berkata, “Kita ingin perubahan..”, “Kita akan membuat negara ini lebih maju, adil,..” dst. Seperti itulah mission statement. Orang bisa menyalin, memodifikasi, atau mengikuti mission statement, dengan sangat mudah.

Mission statement memang penting, namun “project” yang kamu jalankan, itu yang lebih mengundang perhatian.

Ketika UMKM berkumpul, mereka ingin mengubah perdagangan lokal yang lebih melayani pelanggan dan mengajak masyarakat mencintai produk lokal.

Nilai apa yang mereka ciptakan? Kita mendengar pernyataan orang-orang yang berkumpul, yang tidak berbeda dari lingkaran lain di sekitar mereka. Ajakan sama, keinginan sama, mission statement yang hampir sama. Keadilan, kesetaraan, kesejahteraan, persatuan. Semua yang umum. Tidak spesifik.

Orang menjadi tidak melihat perbedaan, ketika mereka melihat mission statement yang sama dan tidak spesifik. Sungguh menghabiskan waktu, jika kita bekerja tanpa menciptakan nilai baru, dengan biaya ratusan juta sampai milyaran, dan sangat sering dirayakan.

Lebih baik spesifik, seperti: Kami ingin sajian minuman dan makanan memenuhi standar kesehatan.

Kita butuh tujuan, namun semakin spesifik dan terukur, itu akan semakin baik. Kalau kamu jelas, mungkin kami akan mendukungmu. [dm]

Written by Day Milovich

Webmaster, artworker, penulis tinggal di Rembang dan Kota Lama Semarang.

Sistem yang Menghasilkan Ide

Ramalan Sang Tokoh