in

Simpan Data Online dan Inbox Selalu Kosong

Mengelola email dan penyimpanan file, cara “saya”.

Pastikan email selalu terbaca. Singkirkan yang tidak penting. Simpan data online, agar bisa kamu akses dari mana saja.

Zero Inbox

Kosongkan selalu inbox di email. Jangan “snooze” (ingatkan nanti).

Biasakan “atasi sekarang”, jangan menunda hal-hal kecil. Jika memang penting, buat tanda bintang atau arsipkan email.

Hentikan berlangganan mailing list yang nggak penting.

Balas email sesingkat mungkin, buat subject semenarik mungkin.

Lakukan konfirmasi melalui WhatsApp atau Call bahwa kamu sudah kirim/terima email agar langsung dibuka. Yang “bukan pekerjaan” boleh kamu abaikan.

Desktop dan Finder

Tempatkan file yang #sedang kamu kerjakan di Desktop (untuk Windows 10) dan Finder (untuk MacBook). Desktop saya penuh file, hanya ketika sedang mengerjakan project. Setelah selesai, arsipkan di folder sesuai nama project agar selalu bersih dan rapi.

Rapikan content di folder Downloads jika sudah selesai. Folder download itu mirip gudang, tempat segala macam referensi masuk. Begitu selesai download, langsung saya klasifikasikan. Misalnya, jam ini kamu download bahan-bahan untuk menulis makalah, segera satukan ke dalam folder bahan-makalah.

Rename file atau buat 1 file teks berisi catatan.

Apa yang terjadi kalau kamu menunda merapikan folder Downloads? Kamu butuh waktu untuk membuka dan memastikan, ini file apa. Sama dengan kerja 2 kali karena waktu kamu tersita demi memperhatikan hal yang nggak penting. Hapus file yang tidak perlu kamu simpan.

Utamakan penyimpanan di Cloud. Ada banyak fasilitas penyimpanan di Cloud yang bisa kamu pakai, dengan kapasitas lumayan dan untuk tujuan berbeda-beda.

Telegram

Saya membuat channel buku di sini, untuk mengarsipkan cover dan file ebook (format .epub dan .pdf) dan sudah saya mirror. Untuk berjaga-jaga kalau kena banned. Kapasitas, unlimited. File-file yang biasa saya share, ada di “Saved Messages” di akun Telegram agar mudah saya bagikan. Sekali upload 1,5GB, tanpa batasan mau simpan berapa file.

VK. Ini media sosial Russia yang isinya saya fokuskan untuk: 1. Download buku dan majalah baru; 2. Selebihnya, belajar bahasa asing, belajar pemrograman, download movie, dan simpan foto-foto bagus. VK mengutamakan berbagi, aktif di komunitas. VK juga bisa simpan file tanpa batasan.

Degoo

Aplikasi dan web untuk hosting gratis 100GB. Pakai Degoo, tidak ada lagi problem “Penyimpanan penuh” di Android. Kamu hanya perlu setting 1 kali: download dan install Degoo dari Play Store, aktifkan backup foto, kemudian lakukan backup (dengan koneksi WiFi). Setelah backup selesai, setiap kamu punya foto baru, akan dilakukan backup otomatis ketika konek WiFi. Kalau sudah di Degoo, file foto atau document di Android boleh kamu hapus.

OneDrive

Punya kapasitas 15GB gratis. Download Microsoft Office Mobile dari Play Store dan buat akun di Microsoft (jika belum punya). Selanjutnua, ijinkan Microsoft menyimpan document Office kamu di OneDrive. Kamu bisa akses dari web, laptop, atau mana saja, dengan akun Microsoft. Selain secara teknis lebih aman, kamu bisa sinkronkan document. Kalau Android kamu hilang, document kamu tidak hilang. Yang terpenting, kamu terbebas dari masalah “ransomware”. Document aman tersimpan di server Microsoft.

Google Photos

Setidaknya, sampai Juni 2021, kamu masih bisa simpan semua foto kamu, tanpa batasan kapasitas. Download atau update Google Photos dari Play Store. Lakukan backup foto. Setting hanya perlu sekali. Atur agar upload foto di “kualitas tinggi”, bukan “original”. Kamu bisa akses dari laptop atau piranti lain, dengan akun Google.

Google Drive

Saya jarang pakai. Ini mirip One Drive. Saya sudah buat perbandingan, mana yang lebih ampuh, Google Drive atau One Drive?

Twitter

Secara teknis, saya tidak simpan file di Twitter. Saya menandai link dan tweet dengan Like dan memiliki search engine Twitter yang sudah saya modifikasi. Ini sama saja saya bisa mengakses apa yang saya sukai.

Pinterest

Ini andalan saya ketika sedang belajar apa saja secara visual. Saya memiliki 4500+ pin dan bisa download seluruh content di Board Pinterest manapun, di resolusi tinggi. Saya punya arsip seluruh Pinterest saya. Kalau ada gambar bagus, saya simpan di Pinterest.

YouTube

Ada banyak video yang tidak terdaftar di akun YouTube saya, demi kapasitas simpan video tanpa batas.

imgUR

Andalan saya ketika mau simpan gambar dan video singkat, tanpa batas. Terutama, content berupa image atau video singkat, yang akan saya pakai di tulisan. Unlimited, gratis, dan proses upload sangat cepat.

FiiNote

Ini tempat saya menyimpan catatan. FiiNote sangat ampuh. Menulis catatan, menulis diary dengan image dan coretan tangan, bisa kamu share, dan bisa kamu customize sesuai selera kamu.

Telegraph X Pro

Ini aplikasi ngeblog yang paling cepat, nggak ribet, bisa simpan draft, dan memakai API Telegraph. Saya pakai jika content yang mau saya buat membututkan embed content image, twit, IG, dll. Gratis, unlimited, dengan interface yang bisa dipahami anak SD. Banyak fitur yang dicari para penulis.

WhatsApp

Saya tidak aktifkan “auto download media” di WhatsApp. Bukan karena paket data atau kapasitas simpan di Android saya kurang. Saya tidak mau membuka gambar yang tidak penting. Bahkan saya tidak pernah backup chat WhatsApp. Selalu hapus percakapan, kecuali pada pesan yang sudah saya beri bintang. Bukan kebetulan, kawan-kawan saya di pekerjaan, bukan termasuk orang yang suka menulis status, sehingga saya tidak buka status orang di WhatsApp.

Tidak install aplikasi Facebook

Saya tahu tentang keamanan, tidak menunggu notifikasi, dan buka Facebook hanya untuk melihat kabar kawan dan keluarga.

Saya tidak lagi menonton film di laptop/MacBook. Lebih enjoy menonton dari Android. Setelah selesai menonton, film saya backup ke HDD external, kemudian saya hapus yang di Android.

Hanya ada sekitar 3 album lagu di MacBook dan beberapa single. Saya dengarkan lagu dari Android, ketika break sebentar. Lebih suka mendengarkan dari Spotify atau JooX. Yang tersimpan hanya lagu yang perlu saya dengarkan secara offline. Spoiler: ketika bekerja, saya tidak mendengarkan lagu, kecuali ketika break 5-10 menit.

Singkatnya, apapun content kamu, internet punya layanan gratis dan “tanpa batas”/yang sesuai dengan kebutuhanmu.

Takut data kamu tidak aman di Cloud? Gunakan enkripsi ketika upload.

What do you think?

Menentukan Kualitas Tulisanmu

99 Pertanyaan untuk Menulis Catatan Harian