in

Cara Translate ebook dari Bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia

Convert format ke .epub, buka di browser, dan pakai Google Translate. Bisa kamu lakukan dari ponsel. Detailnya begini..

Kawan saya bertanya, “Bagaimana caranya menerjemahkan secara otomatis, buku berbahasa Inggris ke dalam Bahasa Indonesia?”.

TL;DR. Convert file ebook yang akan kamu translate, menjadi format .epub, kemudian install Chrome Extension bernama EPUBReader. Buka file .epub tadi ke Google Chrome browser, kemudian klik kanan dan translate.

Saya akan jelaskan detailnya.

Cari di Google, extension bernama “epub reader”. Ketik di Google: “chrome epub reader”, Pilih yang paling atas, seperti di gambar ini:

Setelah itu install. Pilih “Tambahkan ke Chrome”. Tenang, ini hanya perlu kamu lakukan sekali saja.

Klik pada icon extension, arahkan ke tanda titik tiga di EPUBReader.

Setelah terinstall, pilih “Setup file access”. Kita akan berikan akses ke extension ini, agar dapat izin untuk menerjemahkan file .epub yang tersimpan di local disk.

Aktifkan “Allow access to file URLs” seperti terlihat di gambar ini:

Jadi, intinya, langkah-langkah di atas hanya perlu kamu lakukan sekali. Tujuannya, agar browser Google Chrome kamu bisa untuk membaca file berformat .epub

Sekarang kita buka file .epub yang mau kita terjemahkan dari bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia. Caranya, cukup dengan drag-drop file .epub ke browser Google Chrome. Ini adalah contoh ebook yang berbentuk file .epub

Sekarang kita buka halaman buku tersebut. Ini adalah contoh halaman ebook yang ingin kita terjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia.

Klik kanan pada halaman itu, kemudian pilih “Translate to Indonesia”

Hasilnya, halaman akan diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia.

Jika kamu geser ke kanan, halaman demi halaman akan diterjemahkan secara otomatis ke dalam Bahasa Indonesia.

Catatan

Format buku kamu masih pdf? Convert pdf ke epub dengan converter Zamzar. Mulai sekarang, kalau baca buku, lebih baik pakai format epub. Selain lebih kecil, teks file epub bisa kamu copy dengan mudah dan dapat kamu sesuaikan di tampilan aplikasi.

Cara ini berlaku hanya untuk teks berbahasa Inggris? Tidak hanya berbahasa Inggris. Asalkan bisa di-translate dengan Google, bisa kamu lakukan cara di atas.

Kualitas terjemahan ya sebatas Google Translate, tentu banyak kekurangan. Saya selalu sarankan, belajar bahasa Inggris dan baca teks aslinya.

Kalau kamu ingin lakukan ini di ponsel Android, kamu bisa install Kiwi Browser dari PlayStore. Mengapa Kiwi Browser? Karena Kiwi Browser adalah browser untuk ponsel yang bisa menginstall Chrome extension sebagaimana kalau kamu memakai Google Chrome di Desktop/PC/Laptop. Saya memakai Kiwi Browser karena ada beberapa extension yang tidak bisa saya tinggalkan, untuk mempercepat pekerjaan.

Written by Day Milovich

Webmaster, artworker, penulis tinggal di Rembang dan Kota Lama Semarang.

Restoran Pesanan yang Salah

Web atau Aplikasi Tidak Bisa Diakses dari Operator Seluler Tertentu