in

Bahaya Berpikir Secara Wikipedia

Pintasan orang mencari informasi. Orang bebas menyunting content. Tren berpikir seperti ensiklopedi, mengangkat popularitas Wikipedi, namun sangat berbahaya.

Semua orang bebas-sunting dan validitas diukur dari rating, karena dan pada saat sama orang harus berbalik menguji kebenaran fakta dan informasi.

Internet, “Titik Omega”

Banyak orang menganggap internet perpustakaan raksasa, mirip “ensiklopedi besar”, titik-akhir kesadaran sebumi (global consciousness), yang pernah diramalkan Teilhard de Chardin sebagai “titik omega”. Berpikir secara ensiklopedis, sudah kerap dijalankan dalam keseharian.

Setiap menghadapi hal asing, manusia berusaha membuat struktur selayaknya ensiklopedi. Misalnya hendak mengenal “radio”, orang akan mencari: arti kata radio, siapa penemunya, perkembangan radio, dst. Mahasiswa dan pelajar bergantung pada informasi Wikipedia dan cara berpikir a la Wikipedia.

Ensiklopedi: Kertas, CD, Wikipedia

Penyajian ensiklopedi menjadi proyek untuk mengubah cara berpikir orang, sebab ensiklopedi adalah tren awal penguasaan informasi tertulis.

Dulu orang mengenal Encyclopedia of Britannica, tebalnya 32 jilid, pertama dicetak di Edinburgh tahun 1768. Setelah 200 tahun beredar, formatnya diubah dari kertas ke compact disc (CD) tahun 1989 dan online tahun 1994. Encyclopedia of Britannica sebenarnya berisi kumpulan artikel terpilih dari sarjana terkemuka di bidangnya masing-masing. Format digital lebih mudah diakses semua orang, daya muat lebih banyak, interaktif, disertai audio-video. Proses editingnya sangat ketat. Encyclopedia of Britannica hanyalah salah satu ensiklopedia yang alih-bentuk ke CD, lainnya tentu masih banyak.

Setelahnya, internet semakin membuat orang terhubung, lalu muncul format baru ensiklopedi bernama “Wikipedia”, tahun 2004, ciptaan Jimmy Donal Wales, dari Wikia Inc. Temuan Wikipedia merupakan salah satu temuan cerdas dalam sejarah perkembangan internet. “Wiki” berarti “website yang dibangun dengan kolaborasi komunitas pemakai, mengizinkan user untuk menambahkan dan menyunting isi.”

“Bahaya” Wikipedia

Semua orang boleh terlibat, semua orang menerima ketidakpastian. Ini merupakan konsekuensi bawaan yang harus diterima. Sumber penulisan yang unaccountable akhirnya membuat artikel di Wikipedia sering bermasalah dengan fakta.

Mari ambil contoh fakta mendua dari Wikipedia. Jika kamu membuka entry “presiden indonesia”, ditemukan sejarah presiden Indonesia di sana. Tercantum 8 orang yang pernah menjabat sebagai presiden, bukan 6 saja. Di sana ada mantan presiden yang jarang disebut di teks sejarah, yaitu: Syafruddin Prawiranegara dan Mr. Assaat. *) Semoga sekarang sudah direvisi. : )

Memang demikianlah fakta sejarah presiden di Indonesia. Kolom kanan, terpampang grafik tahun pergantian tampuk kekuasaan kepresidenan, tanpa menyebut 2 mantan presiden itu.

Satu contoh lagi, entry “daftar gunung tertinggi di dunia”. Gunung tertinggi di dunia menurut Wikipedia: Mount Everest, pegunungan Himalaya, di Nepal Tibet, tingginya 8.850 m.

Artikel Wikipedia tidak menjelaskan: klasifikasi “tertinggi” ini berdasarkan apa? Faktanya: kalau dihitung dari permukaan air laut, Mount Everest memang paling tinggi. Jika dihitung dari kaki gunung, maka gunung tertinggi adalah Mauna Kea di kepulauan Hawaii Di atas permukaan air laut, Mauna Kea hanya 4,206 meter, tetapi kalau dihitung dari kaki gunung yang terendam air laut, tingginya 10.200 meter.

Wiki sebagai Tren

Wikipedia menghadapi persoalan “editing”, siapa saja boleh terlibat, dan tidak jarang menyajikan informasi meragukan. Cara berpikir ensiklopedis, sudah menjadi tren, sulit dibendung. Sekarang sudah muncul WikiMedia, WikiSpaces, WikiSymbol, StackExchange, StackOverflow, WikiLinux, dll. Format Wiki juga mudah dibuat, tersedia banyak software instant untuk desain antarmuka Wiki, serta bisa dipakai untuk membuat komunitas menjadi besar.

Banyak cara membangun gagasan bersama komunitas Anda, membangun sebuah ensiklopedi hidup, namun memilah dan menyajikan data terpercaya, menjadi kuncinya. Sebab yang banyak dipercaya, belum tentu sesuai fakta.

Informasi apa yang kamu buat dan sunting hari ini? [dm]

What do you think?