Pertimbangkan Ini dalam Cerita Fiksi Kamu

Ringkasan buku Consider This dari Chuck Palahniuk ini bisa ubah cara kamu menulis cerita fiksi.

Ringkasan yang bisa kamu terapkan dalam menulis, dari buku Consider This tentang menulis cerita, dari Chuck Palahniuk, penulis novel Fight Club.

Consider This – Chuck Palahniuk. ISBN: 1538717972. Detailnya, lihat di Amazon.

Bagaimana orang berbicara? Deskripsi dikombinasikan dengan instruksi sesekali, dan diselingi dengan efek suara atau seruan. Tulislah ceritamu seperti orang berbicara.

Moto Andy Warhol dalam hidupnya adalah “Jadi apa?” Tidak peduli apa yang terjadi, baik atau buruk, dia bisa mengabaikan kejadian itu dengan berpikir, “Lalu setelah ini apa?”.

*) Paragraf ini, catatan dari saya. Artinya, pikirkan transformasi tokoh. Itulah kejutan sebenarnya. Karakter yang ” menjadi”. Berubah. Mengambil keputusan.

Penulis menulis karena mereka tidak diundang ke pesta. Jadi, ingatlah bahwa pembaca juga sendirian.

Pertimbangkan untuk membuat bab “template”.

Dengan menggunakan satu bab yang ada, ubah detail kecil dan buat itu sampai pada pencerahan baru.

Kemungkinan pembaca tidak akan menyadari apa yang telah kamu lakukan, tetapi secara tidak sadar akan mengenali struktur yang berulang.

Gunakan template ini untuk membuat tiga bab dengan panjang yang sama dalam buku.

Begitu banyak plot yang berhasil dimulai dari plot keluarga, karena bagi kebanyakan dari kita – terutama di kalangan anak muda – ketakutan terbesar kita adalah kehilangan orang tua kita. Jika kamu menciptakan dunia di mana salah satu atau kedua orang tuanya meninggal, kamu menciptakan karakter yang bertahan dari ketakutan terburuk pembaca kamu. Pembaca kamu akan menghormatinya sejak awal.

Orang tua yang sudah meninggal mengikat keluarga yang masih hidup dengan cara yang diinginkan pembaca untuk terikat dengan keluarganya.

Yang diinginkan anjing adalah agar tidak ada yang pergi.

Saat kamu lajang, kamu berkencan dengan lajang lainnya. Ketika kamu berpasangan, kamu berkencan dengan pasangan lain.

Membaca wawasan yang brilian itu, saya bersedia untuk mempercayai apa pun yang dia tulis di halaman setelah itu.

Pengamatan yang bijaksana dan intuitif, dapat menyampaikan lebih banyak kekuatan daripada semua fakta di Wikipedia.

Sebuah pepatah yang diucapkan dengan baik membawa semua otoritas Konfusius atau Oscar Wilde.

Pekerjaan menulis pertama Hemingway adalah sebagai reporter yang meliput kejahatan di Kansas City Star. Dia mencamkan panduan gaya internal makalah, yang menuntut kalimat pendek dan berombak yang diisi dengan kata kerja aktif. Dan selama sisa karirnya dia menulis prosa singkat berdasarkan gaya surat kabar yang sama.

Orang dari keluarga besar selalu menggunakan klausa untuk menarik perhatian sebelum mereka mengatakan apa pun.

Karakter idiot lebih asyik didengar karena dia membengkokkan bahasa untuk tujuannya.

Tulislah cerita yang paling aneh, menantang, dan provokatif.

Untuk meyakinkan pembaca tentang sesuatu di luar pengalamannya sendiri, mulailah dengan apa yang dia ketahui, dan kamu bergerak dalam langkah kecil menuju apa yang tidak dia ketahui.

Pembaca mundur dari kata ganti “aku” karena itu terus-menerus mengingatkan mereka bahwa mereka sendiri tidak mengalami peristiwa plot.

Kita benci itu, rasanya terjebak mendengarkan seseorang yang ceritanya tentang dirinya sendiri.

Selalu arahkan kamera kamu ke tempat lain, dengan menjelaskan karakter lain.

Batasi dengan ketat referensi narator untuk diri sendiri.

Contoh: Dr. Watson menceritakan tentang Sherlock Holmes – karena karakter heroik yang menceritakan kisahnya sendiri akan membosankan dan tidak menyenangkan.

Tulislah sebagai orang pertama (tokoh “aku”), tetapi singkirkan hampir semua “aku” yang mengganggu.

Tidak ada dua orang yang masuk ke ruangan yang sama.

Bagaimana karakter kamu mendeskripsikan dunia tidak harus didasarkan pada sesuatu yang faktual.

Sebenarnya, lebih menarik jika seorang karakter memandang dunia melalui kesalahan.

Orang-orang menentukan sifat dunia mereka pada usia yang sangat muda. Dan mereka menyusun cara berperilaku yang akan membawa kesuksesan.

Kamu dipuji karena menjadi anak kecil yang kuat sehingga kamu berinvestasi dalam kekuatan kamu. Atau kamu menjadi gadis yang cerdas. Atau anak laki-laki yang lucu. Atau gadis cantik itu. Dan ini berhasil sampai kamu berusia sekitar tiga puluh tahun.

Setelah sekolah kamu selesai, kamu menyadari bahwa cara menang yang kamu pilih telah menjadi jebakan. Dan jebakan dengan imbalan yang semakin berkurang. Kamu menjadi seorang badut yang tidak akan dianggap serius siapapun. Atau kamu seorang ratu kecantikan yang melihat penampilannya memudar. kamu dipaksa untuk menyadari bahwa identitas kamu adalah sebuah pilihan, dan kemudian memilih yang lain.

Strategi selanjutnya ini tidak akan pernah memiliki hasrat yang sama seperti yang kamu pilih sebagai seorang anak. Sekarang kamu sangat sadar bahwa itu adalah pilihan. Dan kamu tahu itu, kemungkinan besar akan memudar. [dm]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *